24 Mei 2018

Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional


Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional.Uric acid atau asam urat adalah hasil akhir dari metabolism purin yang menumpuk di jaringan lunak di tubuh yang dapat menyebabkan radang sendi. Bila fungsi ginjal kurang bagus, purin dapat mengendap di ginjal sehingga menyebabkan gagal ginjal karena menghambat sekresi urine. Sebagian besar penderita asam urat adalah kaum laki-laki. Kaum perempuan mempunyai hormone estrogen yang membantu pembuangan asam urat lewat urine. Penyebab asam urat sangat beragam seperti konsumsi makanan tinggi purin seperti melinjo, jeroan,dan kacang kacangan secara berlebihan.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional


Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional

Selain itu, faktor keturunan, gangguan ginjal, dan kelebihan bobot badan juga menyebabkan asam urat. Bobot tubuh berlebihan juga mempengaruhi kerja persendian sehingga menimbulkan gesekan antar sendi terjadi lebih banyak dan memicu asam urat. Kadar asam urat normal untuk laki-laki 6 mg/dl, sedangkan untuk kaum perempuan 9 mg/dl.

Kasus Penderita Asam Urat


Pada penderita dengan keluhan nyeri di persendian , berjalan pincang karena kadar asam urat yang tinggi 9,32 Sedangkan kadar normal hanya 7. Penderita beberapa kali mengonsumsi obat dari dokter, tetapi penyakit itu tidak kunjung berakhir. Itu mendorong penderita untuk menemui herbalis. Selain asam urat, penderita juga mengidap sinusitis, empedu kotor, dan limpa tidak optimal.

Pengobatan Herbal Asam Urat


No
HERBAL
BAGIAN
GRAM
1
Ciplukan
(Physallis minima)
Buah
15
2
Jahe
(Zingiber officinale)
Rimpang
20
3
Daun dewa
(Gynura segetum)
Daun
20
4
Sambung nyawa
(Gynura procumbens)
Daun
15
5
Seledri
(Apium graveolens)
Daun
20
6
Serai
(Andropogon citratus)
Daun
20
Dalam ramuan tersebut, herbal sambung nyawa berkhasiat untuk mengatasi kolesterol yang tinggi. Seledri berperan mengatasi masalah hipertensi, daun dewa untuk membersihkan asam lemak jahat yang menumpuk di dinding pembuluh darah. Adapun serai untuk mencegah penumpukan asam urat di persendian, ciplukan dan jahe untuk membantu mengatasi sinusitisnya.

Cara menggunakan herbal bubuk :

  1. Bersihkan semua resep dari kotoran.
  2. Potong kecil-kecil bahan herbal.
  3. Keringkan menggunakan wadah yang bersih dengan cara di jemur .
  4. Haluskan semua bahan menjadi bubuk.
  5. Rebus bubuk sesuai ukuran resep.
  6. Saring air resep bubuk , dan minum airnya.

Cara menggunakan herbal murni :

  1. Bersihkan semua resep dari kotoran.
  2. Potong kecil-kecil bahan herbal.
  3. Keringkan menggunakan wadah yang bersih dengan cara di jemur.
  4. Rebus semua resep bersamaan.
  5. Saring air rebusan dan kemudian minum airnya.

Hasil Pengobatan Asam Urat


Frekuensi konsumsi dua kali sehari sebelum makan. Untuk mempercepat proses kesembuhan, Penderita  di sarankan menghindari makanan yang mengandung purin tinggi seperti emping, nanas, dan bayam .Selain itu, penderita juga harus menghindari daging hewan berkaki empat dan jeroan. Setelah mengonsumsi tiga seri ramuan setara 45 hari, Penderita akan  merasakan kesehatan tubuhnya makin membaik. Nyeri di persendian teratasi. Meskipun demikian, Si penderita harus tetap menjaga pola makan sehat.

Demikianlah sedikit Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional.Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

Baca Juga

Artikel Terkait