KATEGORI

22 Oktober 2017

Cara Tradisional Mengobati Gigitan Binatang Berbisa



Cara Tradisional Mengobati Gigitan Binatang Berbisa.Binatang berbisa terdapat di mana-mana tidak ada terkecuali di pekarangan , di ladang-ladang dan juga terkadang masuk ke dalam rumah dan tentunya sangat membahayakan bagi si empu rumahnya.Binatang berbisa ini sangat bervariasi tingkat racunnya ada yang hanya berefek gatal sampai ada juga yang bisa mnegakibatkan seseorang meninggal.Maka dari itu pada saat kita tergigit binatang yang berbisa , cepat-cepatlah mengambil tindakan pertolongan pertama untuk meminimalkan racun yang bersarang pada tubuh kita.Pada artikel kali ini saya akan sedikit memberikan gambaran atau tanda-tanda bilamana tergigit binatang yang berbisa.

Cara Tradisional Mengobati Gigitan Binatang Berbisa


Cara Tradisional Mengobati Gigitan Binatang Berbisa




Tanda atau Gejala


  1. Sakit .
  2. Pedih .
  3. Pegal dan Ngilu.
  4. Demam.
  5. Kejang-kejang.
  6. Muntah.

Cara Mengobatinya 


  • Umbi Daun Dewa [ Gynura divaricata ]
Memakai umbi daun dewa ini sangat mudah pemakaiannya hanya dengan melumat umbi daun dewa selanjutnya tempelkan pada yang di gigit binatang berbisa tersebut.Hubungi dokter bila terjadi darurat.

  • Daun Putih - Daun Melinjo - Daun Temu Lawak - Spirtus
Tumbuk dan lumatkan semua bahan selanjutnya tambahkan sedikit atau satu tetes spiritus dan kemudian tempelkan pada luka bekas gigitan , balut dengan kain.Hubungi dokter bila terjadi darurat.

  • Daun Sambung Nyawa [ Gynura procumbens ]
Tumbuk sampai halus beberapa lembar daun sambung nyawa dan tambahkan sedikit air , tempelkan pada luka gigitan dan balut dengan kain. Lakukan pengobatan dua kali dengan selang dua jam.Hubungi dokter bila terjadi darurat.

  • Bunga Melati [ Jasminum ]
Haluskan segenggam bunga melati hingga halus kemudian tempelkan ramuan pada luka yang di gigit .Lakukan pengobatan secara teratur.Hubungi dokter bila terjadi darurat.

  • Jambu Monyet
Gongseng beberapa jmbu mede [ Monyet ] yang mengandung biji sampai kulit luarnya menguning untuk menghilangkan racun yang apat menimbulkan iritasi kulit.Setelah kuning keluarkan bijinya lalu jemur sampai kering dan giging sampai halus.Taburkan pada luka yang terkena gigitan beracun.Hubungi dokter bila terjadi darurat.

  • Daun Murbai
Cuci daun murbai sebanyak 20 gram sampai bersih.Giling hingga halus dengan di tambahkan 0.5 cangkir air masak.Kemudian di saring lalu di peras.Air perasan tadi di minum sekaligus.Hubungi dokter bila terjadi darurat.

Penutup


Ramuan di atas hanya mengatasi racun yang sifatnya tidak darurat.Seandainya kadar racunnya sangat tinggi dan berbahaya bagi keselamatan si korban , usahakan langsung saja menghubungi pihak dokter atau terkait untuk menyelamatkan si korban.Demikianlah sedikit Cara Tradisional Mengobati Gigitan Binatang Berbisa. Selalu hati-hati terhadap binatang berbisa dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Artikel Terkait

Meie Yantie

Saya adalah blogger pemula yang sangat suka dengan dunia internet. Maka dari itu terbangunlah blog ini sebagai sarana saling berbagi ilmu di antara sesama para pengguna internet .Terima kasih