KATEGORI

20 Oktober 2017

Cara Membuat Sertifikat Hak Milik Tanah dan Bangunan


Cara Membuat Sertifikat Hak Milik Tanah dan Bangunan.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana Cara membuat sertifikat hak milik tanah dan bangunan.Pada dasarnya membuat sertifikat tanah sangatlah mudah bila mana semua persedur dan persyaratan di penuhi , maka sertifikat akan bisa di buat dengan mudah dan cepat begitu juga sebaliknya apabila hal kecil saja kita tidak bisa memenuhi maka akan sulit untuk pembuatannya.

Pengalaman pribadi memang sangatlah berharga seperti pada artikel kali ini yang pada dasarnya adalah pengalaman pribadi dalam pembuatan sertifikat hak milik tanah dan bangunan yang hanya memakan waktu sekitar 7 bulan saja sudah terbit sertifikatnya.Mari kita langsung saja membahas dari mulai persyaratan sampai dengan pengajuan permohonan.

Syarat-Syarat Dan Tahapan Membuat Sertifikat Hak Milik Tanah Dan Bangunan


Cara Membuat Sertifikat Hak Milik Tanah dan Bangunan

Menyiapkan Data Diri dan Data Tanah


  1. KTP Pemohon.
  2. Kartu keluarga Pemohon.
  3. Surat Keterangan Tanah / Surat Keterangan Ganti Rugi.
  4. PBB.
  5. Bukti pelunasan PBB.
  6. Formulir pendaftaran.

Mendapatkan Formulir di Kantor Pertanahan


Apabila seluruh dokumen di atas sudah di siapkan dengan baik dan lengkap , selanjutnya datanglah ke kantor BPN setempat dengan membawa dokumen yang sudah di siapkan. Kemudian datangilah loket pelayanan untuk meminta formulir permohonan hak milik atas tanah.Setelah anda mendapatkan formulir , maka secara prosedur pemohon itu sendiri yang harus mengisi formulir tersebut tetapi karena begitu banyaknya formulir yang harus di isi , terkadang kita sangat bingung mana yang harus di isi dan mana yang tidak wajib di isi.Karena hal kebingungan itu maka kita wajib minta tolong kepada orang dalam untuk mengisi formulir tersebut dengan memberikan foto coppy ktp dan foto coppy surat tanah biar di kemudian hari tidak ada salah maupun kurang dalam persyaratannya , dan secara pribadi berikanlah uang jasa kepada orang dalam tersebut.

Mendapatkan Persetujuan dari Pejabat Setempat dan Tetangga


Pada tahap ini memang agak membutuhkan waktu luang anda setelah formulir terisi yaitu meminta tanda tangan semua tetangga yang terkait seperti sepadan , RT , RW maupun Kepala Desa setempat.Pembiayaanya tergantung kesepakatan dengan si pemberi tanda tangan.Setelah formulir tersebut sudah terisi dengan semua tanda tangan terkait , sekarang saatnya untuk memfoto coppy semua dokumen pribadi , dokumen tanah dan Surat Pernyataan Penguasaan Fisik SPORADIK yang sudah ada di dalam formulir.

Legalisir Kepala Desa dan Camat Setempat


Selanjutnya bawalah  semua foto coppy dokumen ke Kantor Desa maupun Lurah setempat untuk meminta legalisir bahwa foto coppy tersebut sama dengan aslinya dan kemudian di teruskan ke camat setempat untuk meminta legalisir Surat Keterangan Tanah apabila surat tanah tersebut camat yang mengeluarkan.Kemudian setelah formulir di isi lengkap dan benar , di tambah lagi dengan foto coppy yang sudah di legalisir Lurah dan Camat , maka tariklah nafas dulu biar lega tidak begitu stress karena tahap lelanjutnya tidak begitu sulit yaitu tinggal mengajukan ke kantor BPN setempat.

Mengajukan Permohonan di Kantor Pertanahan


Ajukanlah ke loket semua berkas yang terkait tadi Asli maupun foto coppy dan bertanyalah kepada petugas loket apa yang kurang persyaratanya.Apabila semua berkas sudah masuk dan di terima , maka ucapkanlah puji syukur kepada Tuhan bahwa semua berjalan dengan lancar tanpa kurang apapun dan anda akan langsung menerima Tanda Terima Dokumen dan Surat Perintah untuk membayar sesuai luas tanah dari Kantor BPN.Tanda Terima Dokumen berisi Nomor berkas dan Pin berkas yang bisa untuk mengecek berkas via online.

Cara Membuat Sertifikat Hak Milik Tanah dan Bangunan

Cara Membuat Sertifikat Hak Milik Tanah dan Bangunan
Contoh gambar pengecekan berkas via online 
Cek Berkas : DISINI

Tips dan Strategi


Apabila anda sudah menerima Tanda Terima Dokumen dari Kantor BPN maka tugas anda selanjutnya hanya menunggu di telepon dari kantor untuk melakukan pengukuran dan apabila sudah satu bulan belum ada telepon , pemohon punya hak untuk menanyakan ke kantor BPN setempat dengan membawa bukti tanda terima dokumen yang sudah anda terima sebelumnya.Sering-seringlah menanyakan perjalanan berkas tersebut agar berjalan dengan lancar dan cepat karena apabila jarang di tanyakan kemungkinan berkas mengendap dan tidak jalan berkasnya walaupun itu sudah tugas mereka namun acapkali terlupa maupun terselip berkasnya.

Penutup


Demikianlah sedikit pengalaman pribadi tentang Cara Membuat Sertifikat Hak Milik Tanah dan Bangunan . Selamat berjuang semoga artikel ini bisa sedikit membantu kepada anda yang berniat melakukan pengurusan sertifikat tanah.Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Artikel Terkait

Meie Yantie

Saya adalah blogger pemula yang sangat suka dengan dunia internet. Maka dari itu terbangunlah blog ini sebagai sarana saling berbagi ilmu di antara sesama para pengguna internet .Terima kasih