Penyebab Diare : Cara Mengatasi Diare Pada Orang Dewasa Secara Alami


Penyebab Diare : Cara Mengatasi Diare Pada Orang Dewasa Secara Alami.Diare (atau dalam bahasa kasar disebut mencret adalah sebuah penyakit dimana penderita mengalami rangsangan buang air besar yang terus – menerus dan tinja atau fases yang masih memiliki kandungan air berlebihan. Di Dunia ke-3, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 1,5 juta orang per tahun.

Penyebab Diare : Cara Mengatasi Diare Pada Orang Dewasa Secara Alami


Penyebab Diare : Cara Mengatasi Diare Pada Orang Dewasa Secara Alami

Penyebab Penyakit Diare


Kondisi ini dapat merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fructose, lactose), memakan makanan yang asam, pedas, atau bersantan secara berlebihan, dan kelebihan vitamin C dan biasanya disertai sakit perut, dan seringkali mual dan muntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gramm per hari.

Hal ini terjadi ketika cairan yang tidak mencukupi diserap oleh usus besar. Sebagai bagian dari proses digestasi, atau karena masukan cairan, makanan tercampur dengan sejumlah besar air. Oleh karena itu makanan yang dicerna terdiri dari cairan sebelum mencapai usus besar. Usus besar menyerap air, meninggalkan material yang lain sebagai kotoran yang setengah padat. Bila usus besar rusak/radang, penyerapan tidak terjadi dan hasilnya adalah kotoran yang berair.

Diare kebanyak disebabkan oleh beberapa infeksi viruss tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan makanan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam jiwa bila tanpa perawatan.

Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, seperti disentri, kolera atau botulisme, dan juga dapat menjadi indikasi sindrom kronis seperti penyakit Crohn. Meskipun penderita apendisitis umumnya tidak mengalami diare, diare menjadi gejala umum radang usus buntu.
               

Gejala Penyakit Diare


Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus menerus disertai mual dan muntah. Tetapi gejala lainnya yang dapat timbul antara lain pegal pada punggung, dan perut berbunyi.

Perawatan Untuk Diare


Perwatan untuk diare melibatkan pasien mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk menggantikan yang hilang, lebih baik bila di campur dengan elektrolit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. Untuk banyak orang, perawatan lebih lanjut dan medikasi resmi tidak dibutuhkan.
Diare di bawah ini biasanya diperlukan pengawasan medis :
  • Diare pada balita
  • Diare menengah atau berat pada anak-anak
  • Diare yang bercampur dengan darah.
  • Diare yang terus terjadi lebih dari 2 minggu.
  • Diare yang disertai dengan penyakit umum lainnya seperti sakit perut, demam, kehilangan berat badan, dan lain-lain.
  • Diare pada orang berpergian (kemungkinan terjadi infeksi yang eksotis seperti parasite)
  • Diare dalam institusi seperti rumah sakit, perawatan anak, institute kesehatan mental.

Pengobatan Herbal Untuk Diare


  • Anting – Anting.
Cara membuat : 9-15 Gr seluruh tanaman kering atau 30-60 gram seluruh tanaman segar, direbus, lalu diminum airnya.

  • Mondokaki
Cara membuat : 10-15 Gr akar, dicuci lalu dipotong tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas ai bersih ampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disarong, lalau diminum sedikit-sedikit.

  • Kencur
Cara membuat : 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Kencur diparut. Tambahkan 1 cangkir air hangat. Peras dan di saring. Oleskan pada perut sebagai bedak.

  • Padi
Cara membuat : Segenggam beras merah di sangria sampai kuning, lalu digiling halus. Seduh dengan air panas. Aduk merata, sampai menjadi kuah kental. Tambahkan sedikit garam pada ramuan yang seperti air tajin ini. Setelah siap untuk diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

  • Papaya
Cara membuat : 7-10 Biji papaya di cuci bersih dan dikunyah. Atau 1 lembar daun papaya direbus dengan air. Berikan 1 sendok minyak kelapa. Selanjutnya daun papaya yang sudah layu dan lemas ini, dalam keadaan masih hangat ditempelkan pada perut penderita.

  • Ubi Kayu
Cara membuat : 7 Lembar daun ubi kayu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Saring, ambil airnya. Minum 2 kali sehari pagi dan sore ( pada anak yang masih menyusu, ibunya yang minum).

  • Sirih
Cara membuat : 4-6 Lembar daun sirih, 6biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Semua bahan ditumbuk bersama-sama sampai halus. Gosokkan pada bagian perut.

Demikianlah sedikit Penyebab Diare Dan Cara Mengatasi Diare Pada Orang Dewasa Secara Alami.Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Artikel Terkait

Meie Yantie

Saya adalah blogger pemula yang sangat suka dengan dunia internet. Maka dari itu terbangunlah blog ini sebagai sarana saling berbagi ilmu di antara sesama para pengguna internet .Terima kasih